Kemenhub Wajibkan Perusahaan Kendaraan Umum Pakai GPS Tracker
January 13, 2020
4 Cara Efektif Tingkatkan Akuntabilitas Sopir dengan GPS Tracker
January 23, 2020

Cartrack GPS Tracker, Solusi Tepat untuk Perusahaan Kendaraan Umum

Paket GPS Kendaraan Umum dari Cartrack memastikan armada kendaraan umum Anda memenuhi Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP.2081/AJ.801/DRJD/2019.

Mendukung pemerintah mewujudkan keselamatan dan kenyamanan serta meningkatkan kinerja pelayanan angkutan orang, Cartrack menyediakan paket GPS tracker untuk perusahaan kendaraan bermotor umum. Paket GPS Kendaraan Umum dari Cartrack memastikan armada kendaraan umum Anda memenuhi persyaratan teknis, sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP.2081/AJ.801/DRJD/2019.

Berikut ini fitur-fitur yang Cartrack sediakan dalam paket GPS Kendaraan Umum.

  1. Pemantauan kendaraan secara real-time

Dengan Cartrack GPS Tracker, Anda dapat memantau kendaraan armada secara real-time melalui aplikasi seluler maupun fleet web Cartrack kapan pun dan di mana pun. Tak hanya lokasi, Anda juga dapat mengetahui secara instan kecepatan dan odometer masing-masing kendaraan, serta mengatur notifikasi saat mesin kendaraan dinyalakan-dimatikan dan idling (mesin menyala namun kendaraan tidak berjalan). Untuk pemantauan lokasi, pilihan tampilan peta bisa dalam bentuk standar Google Maps, satelit, ataupun Google Street View.

  1. Riwayat perjalanan harian

Anda dapat melihat secara instan riwayat perjalanan harian masing-masing kendaraan armada, yang antara lain memuat lokasi dan jam memulai serta mengakhiri perjalanan, durasi dan jarak tempuh, serta odometer. Anda juga dapat menambahkan detail pada riwayat perjalanan dan menandai perjalanan bisnis atau pribadi. Adapun satu perjalanan dihitung mulai dari mesin dinyalakan hingga dimatikan.

  1. Perencana rute

Dari riwayat perjalanan kendaraan, Anda dapat memilih rute tetap dan memantau kendaraan umum Anda. Anda akan menerima pemberitahuan jika terjadi penyimpangan atau penundaan rute. Saat menetapkan rute, Anda bisa mengatur waktu mulai dan berakhirnya penyelesaian rute. Dari penetapan waktu, Anda dapat mengatur penerimaan notifikasi saat kendaraan memulai dan menyelesaikan rute maupun saat penyelesaian rute tidak tepat waktu.

  1. POI dan Geofence

Untuk pantauan aktivitas yang lebih mengerucut, Anda dapat menggunakan Point-of-Interest(POI) dan Geofence. POI berupa titik lokasi, sementara Geofence berupa bidang area. Keduanya bisa Anda gunakan misalnya untuk menandai lokasi larangan, tujuan tetap, tempat servis, ataupun lokasi pengurusan dokumen. Notifikasi dapat diatur saat kendaraan memasuki dan meninggalkan POI atau Geofence beserta informasi waktunya.

  1. Pemantauan pengemudi

Cartrack GPS Tracker secara otomatis mengidentifikasi perilaku mengemudi yang berisiko, seperti mengerem dan akselerasi mendadak, menikung tajam, mengebut, dan idling. Sistem akan memberi tahu Anda jika terjadi pelanggaran keselamatan berkendara tersebut. Untuk mengebut, ada dua jenis batas kecepatan yang menjadi parameter, yakni batas kecepatan mengemudi yang ditentukan operator armada dan batas kecepatan jalan yang dideteksi dari Google Maps.

  1. Pemantauan bahan bakar

Dengan penambahan sensor bahan bakar, Anda dapat memantau konsumsi, pengisian, dan pencurian bahan bakar masing-masing kendaraan. Anda juga dapat mengetahui secara instan persentase volume bahan bakar di dalam tangki. Dari data yang dihasilkan sensor bahan bakar dan unit GPS tracker, dapat dibuat beberapa jenis laporan, seperti Laporan Efisiensi Bahan Bakar, Laporan Pengisian Bahan Bakar, dan Laporan Ringkasan Bahan Bakar.

  1. Pengingat jadwal pemeliharaan dan manajemen dokumen

Fitur ini sangat berguna bagi manajer operasional, terlebih jika jumlah kendaraan umum dan sopir yang dikelola banyak. Anda bisa mengatur pengingat jadwal untuk servis, perpanjangan STNK, hingga asuransi. Pengingat jadwal dapat diatur berdasarkan periode, kilometer, dan durasi operasional (tahun, bulan, hari, dan jam). Pengingat jadwal ini terintegrasi dengan data dari GPS tracker, seperti odometer dan aktivitas operasional mesin.

  1. Laporan otomatis

Data-data detail dan kompleks yang terekam oleh GPS tracker disampaikan dalam bentuk laporan otomatis. Ada lebih dari 60 laporan tersedia yang dapat dipilih sesuai kebutuhan bisnis dan operasional perusahaan kendaraan umum Anda. Cukup pilih laporan, atur periode riwayat data, pilih format laporan (PDF/Excel), atur jangka pengiriman, kemudian kirim ke e-mail atau unduh langsung. Mudah, bukan?

Paket GPS Kendaraan Umum Cartrack cocok untuk perusahaan kendaraan umum, baik dalam trayek (mikrolet, kopaja, metromini, bus bianglala, dll) maupun non-trayek (taksi, kendaraan rental, bus pariwisata, shuttle bus kawasan residensial, bus karyawan, bus sekolah, dll). Menggunakan GPS tracker bukan hanya untuk memenuhi kewajiban peraturan pemerintah, melainkan juga untuk keandalan dan keuntungan bisnis Anda. Dengan GPS tracker, bisnis kendaraan umum Anda jadi lebih produktif dan biaya operasional lebih efisien.

Pasang Cartrack GPS Tracker pada armada kendaraan umum Anda sekarang dan dapatkan kesempatan DEMO GRATIS produk kami!