Layanan Ambulans Semakin Efisien dengan Sistem Pelacakan Kendaraan

13 Apr 2022

Dalam operasi ambulans, setiap detik berharga. Karena itu, diperlukan teknologi untuk mengefisienkan operasi ambulans. Sistem seperti pelacakan kendaraan dapat membantu meningkatkan waktu respons ambulans. Platform (aplikasi mobile dan software berbasis web) yang digunakan juga menjadikan pengelolaan armada ambulans secara keseluruhan lebih praktis.

 

1. Melacak Ambulans Terdekat ke Lokasi

Tingkat respons yang cepat sangat penting bagi orang yang membutuhkan perawatan darurat. Karena itu, penting untuk operator atau dispatcher mendapatkan akses ke seluruh lokasi ambulans milik penyedia. Penugasan ambulans menjadi lebih efektif karena operator dapat mengidentifikasi ambulans terdekat ke lokasi pasien dan memperkirakan waktu tiba.

2. Mengetahui Situasi Lalu Lintas

Operator dapat melihat situasi lalu lintas melalui platform pelacakan kendaraan yang terintegrasi dengan Google Maps. Informasi ini dapat membantu operator saat mengirim ambulans ataupun menavigasi pengemudi dalam pengambilan atau pengalihan rute perjalanan dengan sesedikit mungkin hambatan.

3. Mempercepat Pemberian Informasi kepada Pihak-Pihak Terkait

Platform pelacakan kendaraan memiliki fitur berbagi lokasi real-time dengan masa berlaku yang dapat diatur. Dalam keadaan mendesak, operator dapat memberikan informasi lokasi ambulans kepada pihak-pihak terkait yang akan membantu, misalnya responden paramedis bersertifikasi, polisi, dan petugas UGD.

4. Mengetahui Waktu Pengangkutan dan Penurunan Pasien

Sistem pelacakan kendaraan biasanya juga menyediakan beragam fitur tambahan, salah satunya sensor pintu. Sensor ini memberikan informasi aktivitas buka-tutup pintu, seperti lokasi, waktu pintu dibuka dan ditutup, serta durasi pintu terbuka. Dengan memasang sensor ini pada pintu kabin pasien, penyedia ambulans dapat mengetahui kapan serta seberapa efisien proses pengangkutan dan penurunan pasien.

5. Mendeteksi Sopir yang Bertugas

Untuk kebutuhan ini, penyedia ambulans memerlukan tag identifikasi pengemudi (DID). Setiap sopir diberikan unique tag (perangkat iButton), yang perlu disentuhkan ke reader yang terpasang di ambulans. Dengan demikian, operator mengetahui sopir yang bertugas di setiap trip.

6. Memiliki Bukti Akurat untuk Penagihan

Dengan adanya sistem pelacakan kendaraan, penyedia ambulans memiliki data historis yang lengkap, seperti unit ambulans yang dikirim, jarak tempuh, lokasi tujuan, waktu tiba, durasi stop, dan lain-lain. Informasi mendetail ini memudahkan penyedia ambulans menghitung biaya yang ditagihkan.

 

Sistem pelacakan kendaraan meningkatkan profesionalisme dalam pelayanan ambulans, dengan memperbaiki waktu respons. Waktu respons ambulans yang cepat dapat membantu pasien mendapatkan perawatan lebih cepat sehingga menurunkan angka kematian. Apakah Anda berkecimpung dalam pelayanan ambulans? Hubungi kami di sini untuk mencari tahu lebih lanjut bagaimana sistem pelacakan kendaraan Cartrack dapat mengefisienkan layanan ambulans Anda.

Secondary Navigation: 
Facebook

Timur Tengah

Amerika