Industry Leaders
September 5, 2017
5 Fungsi GPS Tracker untuk Bisnis Logistik
November 12, 2019

4 Cara Efektif Minimalkan Risiko Bisnis Rental Mobil

Meski kian menjanjikan, ada sejumlah risiko yang perlu diantisipasi dalam bisnis rental mobil.

Risiko akan selalu ada saat Anda membuka usaha. Meski tak dapat dihindari, Anda dapat meminimalkan tingkat risiko bisnis Anda. Usaha rental mobil misalnya, risiko kerusakan atau kehilangan mobil akibat penyewa yang tidak bertanggung jawab pasti ada, di daerah Indonesia manapun Anda membuka usaha. Sebagai pengusaha, Anda perlu mengantisipasi risiko-risiko yang akan bisnis Anda hadapi, antara lain dengan 4 cara berikut ini.

  1. Menilai Calon Penyewa

Sebelum transaksi terjadi, Anda berhak melakukan penilaian terhadap calon penyewa mobil. Tak perlu terlalu investigatif, karena hal ini akan membuat calon pelanggan merasa tidak nyaman. Mulailah dari penilaian sederhana melalui pengamatan sikap dan tutur kata mereka. Anda juga dapat memberikan beberapa pertanyaan terkait tujuan penyewaan mobil. Dengan wawancara singkat seperti ini, Anda bisa mengetahui apakah calon penyewa benar-benar konsumen atau hanya oknum. Jika didapati jawaban atau sikap mencurigakan yang mengarah pada risiko tinggi, Anda bisa saja tidak menyetujui penyewaan.

  1. Memperketat Persyaratan

Jangan sampai Anda mengurangi atau bahkan menihilkan persyaratan demi menarik banyak konsumen, tanpa adanya perhitungan risiko yang jelas. Persyaratan pokok tak boleh dikompromikan, misalnya calon penyewa harus menyerahkan dokumen penting seperti KTP atau KK. Ketatnya persyaratan pokok ini dapat meminimalkan tingkat risiko penyalahgunaan mobil sewa. Calon penyewa yang tidak setuju dengan persyaratan bisa jadi terindikasi sebagai penipu. Karena itu, jangan ragu memberikan persyaratan dan jangan takut kehilangan pelanggan saat melakukan hal ini.

  1. Administrasi Rental yang Teratur

Administrasi yang buruk tak jarang menjadi salah satu penyebab risiko tinggi pada bisnis rental. Untuk itu, Anda perlu SDM yang kompeten dalam melakukan administrasi. Tata kelola yang rapi menjadikan bisnis Anda berjalan lebih efektif dan efisien. Anda pun jadi lebih tenang karena mobil sewa, penyewa, dan tagihan dapat selalu terkontrol. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki sistem terintegrasi dan komprehensif untuk memudahkan Anda melacak transaksi dan risiko. Sistem yang profesional juga akan sangat membantu saat bisnis Anda kian berkembang.

  1. Memasang Alat Pelacak pada Mobil Rental

Sediakan anggaran khusus untuk menjaga aset-aset bisnis Anda. Salah satu caranya adalah dengan memasang alat pelacak mobil untuk memantau keberadaan aset Anda tersebut. Tak hanya pelacak GPS, perusahaan penyedia solusi manajemen armada seperti Cartrack bahkan menyediakan fitur tambahan untuk mematikan mesin mobil dari jarak jauh. Dengan demikian, Anda dapat bertindak cepat saat mengetahui ada pelanggaran perjanjian sewa hingga indikasi pencurian mobil.

Dapatkan DEMO GRATIS GPS tracker dari Cartrack dan tingkatkan bisnis rental mobil Anda sekarang juga!