Cartrack GPS Tracker, Solusi Tepat untuk Perusahaan Kendaraan Umum
January 15, 2020
7 Langkah Menggunakan Aplikasi Mobile Cartrack GPS Tracker
February 3, 2020

4 Cara Efektif Tingkatkan Akuntabilitas Sopir dengan GPS Tracker

Lebih dari sekadar mengetahui lokasi, GPS tracker dapat menjadi solusi peningkatan akuntabilitas sopir.

Kebutuhan akan visibilitas armada dan akuntabilitas sopir melahirkan solusi pelacakan GPS yang membawa pada perkembangan manajemen armada modern. Seiring berjalannya waktu, akuntabilitas sopir menjadi suatu tantangan karena meningkatnya kebutuhan manajemen, lebih dari sekadar mengetahui keberadaan para sopir. Bagaimana GPS tracker dapat menjadi solusi peningkatan akuntabilitas sopir, lebih dari sekadar pemantauan lokasi? Berikut ini 4 caranya.

1. Memperbaiki Perkiraan Waktu Tiba

Apakah Anda atau karyawan Anda menghabiskan berjam-jam di telepon hanya untuk mencari tahu lokasi para sopir atau berapa lama lagi mereka tiba di tujuan? Dengan GPS tracker, Anda dapat mengeliminasi panggilan-panggilan tidak efisien tersebut. GPS tracker menyediakan solusi Perkiraan Waktu Tiba (ETA) yang akurat dengan memantau keberadaan kendaraan Anda kapan pun sekaligus seberapa jauh mereka ke perhentian berikutnya. ETA yang akurat tidak hanya akan memengaruhi akuntabilitas, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan layanan dengan memberi info kepada pelanggan secara proaktif jika sopir Anda sampai lebih cepat atau terlambat.

2. Memverifikasi Upah Tenaga Kerja

Biaya tenaga kerja Anda tinggi namun Anda tak tahu kenapa? Solusi pelacakan GPS dapat memberi tahu Anda dengan cepat jika ada kecurangan dalam pelaporan jam kerja, yang berimbas pada pembengkakan upah tenaga kerja. Jika sopir Anda harus mengembalikan kendaraan ke pool di akhir hari dan clock out, Anda dapat mengecek perbedaan catatan waktu saat mereka kembali dan saat mereka clock out. Jika kendaraan dibawa pulang sopir, Anda pun dapat melihat kapan ia memulai dan mengakhiri perjalanan kerja dan mencocokkannya dengan catatan yang mereka laporkan.

3. Melacak Pekerjaan Sampingan

Solusi pelacakan GPS dapat mencegah sopir menggunakan aset Anda untuk pekerjaan sampingan. Salah satu caranya adalah dengan membandingkan titik pemberhentian mereka dengan daftar pelanggan Anda. Laporan aktivitas harian kendaraan akan menampilkan nama dan alamat pelanggan serta alamat lainnya yang tidak diketahui, yang kemungkinan mengindikasikan pekerjaan sampingan atau urusan di luar pekerjaan. Cara lainnya adalah dengan melacak keganjilan jam kerja atau waktu operasional kendaraan. Jika kendaraan armada Anda memiliki jam operasional tertentu, Anda dapat melihat laporan dan melakukan pengaturan untuk menerima notifikasi otomatis saat kendaraan dijalankan di luar jam tersebut.

4. Menyediakan Bukti Layanan

Menyelesaikan komplain pelanggan akan lebih mudah jika Anda memiliki sistem tersendiri untuk pelacakan dan verifikasi. GPS tracker menyediakan bukti yang Anda butuhkan secara cepat untuk memverifikasi laporan-laporan komplain, seperti pelanggan tidak menerima barang padahal kurir sudah menyelesaikan pekerjaan, dll. Data dari GPS tracker memberi tahu secara akurat kapan kendaraan Anda sampai di lokasi pelanggan dan berapa lama berada di sana. Selain itu, riwayat bukti pengiriman berupa foto atau tanda tangan penerima juga dapat dilihat, terintegrasi dengan data GPS tracker. Dengan akses riwayat data di ujung jari Anda, konflik dengan pelanggan dapat diminimalkan dan tagihan dapat dipercepat.

Akuntabilitas dan integritas sopir meningkat, pengelolaan armada berjalan lebih efisien, Anda pun tenang. Untuk menjawab kebutuhan Anda terkait akuntabilitas sopir, Cartrack menyediakan solusi Fleet Pro. Paket ini menyediakan tambahan tiga fitur yang bisa Anda pilih, misalnya sensor bahan bakar, aplikasi pengelola tugas armada Communicator, dan Driver ID Monitoring. Tingkatkan akuntabilitas sopir Anda dengan Cartrack GPS Tracker sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk DEMO GRATIS produk kami!