3 Manfaat GPS Tracker untuk Perusahaan Rental Alat Berat
December 18, 2019
10 Alasan Manajer Operasional Armada Perlu Cartrack
December 20, 2019

4 Tren Penggunaan Telematika untuk Bisnis Armada

Para pebisnis armada menggunakan teknologi telematika terutama untuk pemantauan pengemudi, peningkatan keselamatan, analisis penggunaan aset, dan pengintegrasian data.

Teknologi telematika dengan cepat menarik perhatian para pelaku bisnis, khususnya pemilik armada kendaraan. Mereka sadar akan nilai yang dapat ditambahkan teknologi ini ke dalam bisnis mereka, dari kemudahan pengelolaan armada hingga peningkatan profit. Di antara sekian banyak kelebihan yang ditawarkan, berikut ini 4 fungsi telematika yang paling banyak diaplikasikan para pebisnis.

1. Pemantauan pengemudi

Perkembangan telematika membawa pergeseran fokus dari pemantauan lokasi kepada pemantauan pengemudi. Sebagai garda terdepan, pengemudi mampu memberikan dampak signifikan bagi kemajuan bisnis armada, terlebih jika kualitas kinerjanya meningkat. Teknologi telematika memantau perilaku mengemudi dan aktivitas operasional, memastikan pengemudi lebih produktif, efisien, dan berhati-hati.

2. Peningkatan keselamatan

Praktik berkendara yang tidak aman akan berdampak pada kerugian operasional bisnis. Teknologi telematika mengidentifikasi bagaimana dan mengapa hal ini terjadi. Dengan demikian, pengelola armada dapat merumuskan metode pelatihan keselamatan yang paling sesuai dengan kebutuhan pengemudi, sehingga dapat mengurangi kecelakaan dan downtime.

3. Analisis penggunaan aset

Telematika memberikan data akurat operasional kendaraan yang dapat membantu dalam peninjauan armada secara komprehensif. Informasi mendalam mengenai kinerja masing-masing kendaraan memungkinkan manajer armada menetapkan ambang batas untuk pemanfaatan atau penggantian kendaraan. Melalui data analisis ini juga, manajer armada dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk memaksimalkan sumber daya.

4. Pengintegrasian data

Teknologi telematika memungkinkan komponen-komponen dalam sistem manajemen armada terhubung satu sama lain. Pengintegrasian data ini memungkinkan automasi laporan dengan beragam kategori analisis. Dengan sistem manajemen armada yang terintegrasi, pemilik bisnis bisa mendapatkan gambaran kinerja armadanya secara komprehensif dan akurat.

Untuk mendapatkan pengalaman penggunaan telematika terbaik, Cartrack solusinya. Teknologi canggih Cartrack memberikan nilai dan kegunaan lebih dari sekadar GPS tracker. Hubungi Cartrack hari ini untuk mengetahui bagaimana kami dapat menyediakan solusi manajemen armada terbaik bagi bisnis Anda!