4 Cara Efektif Minimalkan Risiko Bisnis Rental Mobil
November 7, 2019
GPS tracker penting dalam pekerjaan konstruksi
4 Alasan Pentingnya GPS Tracker untuk Perusahaan Konstruksi
November 20, 2019

5 Fungsi GPS Tracker untuk Bisnis Logistik

Perusahaan logistik harus bisa memberikan efisiensi, efektivitas, visibilitas, dan kualitas demi keberlanjutan bisnis.

Meningkatnya pertumbuhan di sektor e-commerce membawa angin segar bagi bisnis logistik, di samping pengiriman C2C (Consumer to Consumer) yang perusahaan logistik lakukan secara reguler. Peluang bisnis yang besar ini harus dimanfaatkan para pelaku industri logistik sebaik-baiknya. Tak sekadar bermain di area transportasi, perusahaan logistik harus bisa memberikan efisiensi, efektivitas, visibilitas, dan kualitas demi keberlanjutan bisnis. Salah satu perangkat penting yang wajib Anda gunakan sebagai pemain logistik adalah GPS Tracker. Bagaimana perangkat ini dapat berguna bagi bisnis Anda? Simak pemaparan di bawah ini.

1. Pengiriman Tepat Waktu

Pengembangan perangkat berbasis GPS memungkinkan proses dari penerimaan hingga penyelesaian pengiriman lebih efisien. Membuat dan menugaskan pekerjaan kepada pengemudi dapat dilakukan secara instan. Perkiraan waktu dan jarak tempuh, pengemudi terdekat ke lokasi, waktu dan lokasi penyelesaian pekerjaan, serta bukti penerimaan barang melalui tanda tangan atau foto juga dapat dilihat. Pada beberapa perangkat tambahan GPS, seperti “Communicator” yang dikembangkan oleh Cartrack, terdapat fitur chat untuk memudahkan koordinasi pengemudi dan manajer, sehingga solusi dapat diputuskan segera bila terjadi masalah dalam pengiriman. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kecepatan pengiriman agar dapat terjaga tepat waktu.

2. Menurunkan Biaya Operasional

Aktivitas mesin dapat dilacak melalui GPS terpadu. Anda dapat mengetahui kapan, berapa lama, dan di mana mesin kendaraan dinyalakan maupun dimatikan. Anda dapat melacak jika terjadi idle (mesin menyala lama dalam keadaan kendaraan diam) atau perubahan temperatur (pada ruang penyimpanan mobil pendingin) yang melebihi batas toleransi dan melakukan tindakan terbaik untuk mengatasinya. Jika terjadi kerusakan pada bagian-bagian kendaraan, Anda juga dapat terinfokan melalui laporan dari pengemudi, sehingga dapat menanganinya segera.

3. Meningkatkan Produktivitas

Semua data yang direkam oleh GPS dapat diolah menjadi laporan yang dapat difilter berdasarkan informasi yang ingin Anda tampilkan. Pengiriman laporan juga dapat dijadwal untuk setiap rentang waktu tertentu. Dengan adanya sistem terintegrasi dan terautomasi, beban pekerjaan administrasi tentunya akan berkurang, terlebih jika Anda memiliki armada logistik yang cukup besar. Bagi Anda yang masih memulai bisnis logistik, sistem terintegrasi berbasis GPS ini akan membantu Anda lebih fokus pada usaha-usaha pengembangan atau peningkatan skala bisnis Anda.

4. Menjaga Keselamatan Aset dan Barang

Tak hanya lokasi kendaraan yang bisa Anda lacak dengan GPS, tetapi juga perilaku berkendara, melalui pelanggaran beberapa indikator, seperti kecepatan, akselerasi drastis, dan rem mendadak secara real-time. Anda akan menerima notifikasi untuk pelanggaran-pelanggaran tersebut. Selain demi menjaga keselamatan pengemudi yang adalah aset penting perusahaan, perilaku berkendara juga dapat memengaruhi usia kendaraan serta kondisi barang yang dibawa. Untuk pengamanan tambahan, perusahaan GPS seperti Cartrack memiliki fitur tombol panik untuk pengemudi saat terjebak situasi yang membahayakan, seperti disfungsi pada kendaraan dan tindak kriminal.

5. Mengurangi Risiko Pencurian

Pengembangan fitur pada perangkat GPS Pelacak Kendaraan dapat merekam aktivitas bahan bakar dan pintu kargo. Anda akan mengetahui jika terjadi pengurangan sejumlah besar bensin dalam rentang waktu dan jarak tempuh yang singkat. Hal ini dapat mengindikasikan pencurian bahan bakar. Selain itu, pencurian barang yang dibawa juga dapat diidentifikasi melalui fitur sensor pintu kargo, yang memberi informasi waktu, lokasi, dan lama pintu kargo dibuka. Dengan demikian Anda dapat melacak apakah ada aktivitas mencurigakan, di mana barang diantar ke alamat yang tidak sesuai dengan penugasan.

Meningkatkan efisiensi, efektivitas, kualitas, dan keuntungan bisnis logistik Anda dapat dimulai dengan memasang GPS Tracker. Pastikan GPS Tracker yang dipasang pada armada logistik Anda dapat mengakomodasi kelima fungsi di atas, seperti yang dimiliki oleh Cartrack. Dapatkan DEMO GRATIS GPS Pelacak Kendaraan dari Cartrack dan mulai tingkatkan bisnis logistik Anda sekarang juga!