6 Peran Wholesaler, Penghubung Produsen dengan Pengecer
November 22, 2019
8 Laporan Analisis Armada untuk Tingkatkan Bisnis Logistik Anda
December 12, 2019

5 Tips Sukses Bisnis Biro Pariwisata

travel bus

Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam menawarkan jasa pariwisata adalah transportasi.

Besarnya kebutuhan akan kemudahan melakukan perjalanan wisata membuka lebar peluang bisnis biro pariwisata. Dengan menggunakan jasa biro pariwisata, para turis berharap akan mendapatkan pengalaman wisata yang mulus. Selain itu, kemudahan dalam mempersiapkan perjalanan dibanding melakukannya sendiri menjadi pertimbangan lainnya untuk memilih biro pariwisata. Agar bisnis biro pariwisata Anda semakin berkembang, setidaknya ada lima tips yang perlu Anda simak berikut ini.

1. Perluas informasi wisata

Bagi pebisnis biro pariwisata, pengetahuan seputar tempat wisata, hiburan, dan tren liburan menjadi sangat penting. Selain untuk pengembangan bisnis, juga untuk memberikan konsultasi dan pengalaman wisata terbaik bagi konsumen. Hal-hal detail seperti restoran halal, wisata ramah anak, waktu terbaik untuk pergi, hingga peraturan wisata perlu juga Anda cermati. Dengan demikian, konsumen akan semakin nyaman dan yakin untuk terus menjadi pelanggan.   

2. Menjalin kemitraan

Untuk dapat bersaing dengan biro pariwisata lainnya, menjalin kerja sama secara ekstensif adalah suatu keharusan.Untuk daerah wisata yang dituju, Anda dapat bermitra dengan pengelola tempat-tempat wisata, penginapan, restoran, pusat oleh-oleh dan suvenir, bahkan mungkin pemerintah daerah. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kemitraan ini, salah satunya potongan harga. Oleh karena itu, kualitas kerja sama akan sangat mempengaruhi arus kas biro pariwisata Anda.

3. Buat paket menarik

Ide-ide paket perjalanan menarik bisa Anda kembangkan dari wawasan, pengalaman, dan informasi wisata yang Anda dapatkan. Teruslah mengikuti perkembangan tren untuk mengetahui minat pasar wisata terkini. Lakukan inovasi sebagai pembeda biro Anda dengan biro lainnya, misalnya membuat paket wisata ke tempat yang belum banyak ditawarkan biro lain atau dengan tema-tema dan fasilitas tertentu.

4. Aktif branding dan promosi

Branding dan promosi harus dilakukan secara aktif dan berkesinambungan untuk meningkatkan visibilitas biro pariwisata Anda di kalangan masyarakat. Selain itu, hal ini juga berpengaruh untuk meyakinkan orang bahwa biro pariwisata Anda konstan beroperasi. Gunakan berbagai media promosi, termasuk Search Engine Optimization (SEO) untuk mendapatkan trafik yang tepat sasaran. Hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan konten dan nilai promosi yang menarik minat konsumen.

5. Memiliki transportasi sendiri

Hal selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan dalam menawarkan jasa pariwisata adalah transportasi. Memiliki kendaraan sendiri akan menjadi satu poin plus bagi biro pariwisata Anda. Semakin beragam dan berkembangnya kebutuhan wisatawan membawa bisnis pada one-stop service dalam perencanaan perjalanan. Karena itulah wisatawan biasanya akan memilih biro jasa yang memiliki armada sendiri karena alasan kemudahan.

Tak perlu khawatir akan kerumitan dalam pengelolaan armada tur Anda, karena sudah ada teknologi terintegrasi GPS tracker. Dengan menggunakan teknologi ini, pengelolaan kendaraan akan lebih efisien dan risiko dapat diminimalkan. Ingin mengetahui manfaat GPS tracker untuk transportasi biro pariwisata Anda? Klik di sini dan dapatkan pula demo gratis GPS tracker dari Cartrack!