Keuntungan Menggunakan Platform Manajemen Armada yang Terintegrasi

27 Apr 2022

Bayangkan satu jenis platform yang memiliki semua yang Anda butuhkan. Misalnya, satu platform belanja daring menjual segala jenis produk, dari fesyen, pulsa, hingga tiket pesawat; menyuguhkan permainan dengan berbagai hadiah belanja; serta menyediakan fitur dompet digital. Semua ini tentunya akan meningkatkan pengalaman belanja Anda sekaligus menjadikan aktivitas belanja daring lebih praktis.

Nilai yang sama juga bisa Anda dapatkan di platform terintegrasi jenis lainnya, seperti platform manajemen armada yang dikembangkan oleh Cartrack. Platform Cartrack dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik pengguna dalam mengelola armada kendaraan. Selain fleksibel (dapat disesuaikan), semua yang Anda butuhkan untuk mengelola armada Anda dapat diakses dari satu tempat.

 

1. Penyelesaian Pekerjaan Semakin Praktis

Sebagai manajer armada, Anda bertanggung jawab atas beberapa pekerjaan berbeda, seperti menugaskan pengiriman, memantau operasional kendaraan, menjadwalkan perawatan, membuat laporan, bahkan mengelola biaya. Anda mungkin terbiasa menggunakan beberapa program atau platform untuk setiap jenis pekerjaan, dengan kerangka kerja kompleks yang mengurangi efektivitas Anda. Akan ada banyak waktu terbuang dengan Anda beralih dari satu platform ke platform lainnya. Jika ada satu platform yang memungkinkan Anda melakukan semuanya dan saling terintegrasi, tentunya proses penyelesaian pekerjaan akan semakin praktis.

2. Kontrol dan Visibilitas Ujung ke Ujung

Tak hanya dapat melakukan berbagai jenis pekerjaan, platform manajemen armada terintegrasi juga memampukan Anda memantau dari ujung ke ujung. Anda tak perlu menggunakan platform terpisah untuk memantau kendaraan di daerah berbeda. Bahkan, departemen Anda dan departemen lainnya bisa berbagi platform dengan sistem sub-pengguna (akses dapat dibatasi) untuk kontrol dan transparansi ujung ke ujung, misalnya bagian manufaktur, distribusi, dan pergudangan dalam lingkup supply chain.

3. Data Lebih Berintegritas dan Berkualitas

Dengan platform terintegrasi, sumber data berasal dari satu tempat. Meski digunakan untuk kebutuhan berbeda-beda, konsistensi data tetap terjamin. Terlebih lagi, pencatatan data dilakukan secara otomatis, sehingga meminimalkan risiko human-error. Perekaman data otomatis ini dimungkinkan melalui pemasangan perangkat IoT pada kendaraan, yang terkoneksi dengan platform manajemen armada. Dengan satu sumber data dan input data otomatis, seluruh data yang digunakan terjamin integritas dan kualitasnya.

4. Kolaborasi Lebih Baik

Beragam fungsi yang ada dalam platform manajemen armada ini memungkinkan kolaborasi antardepartemen terkait lebih mulus. Tidak hanya departemen Operasional yang bisa mendapatkan manfaat dari platform manajemen armada, tetapi juga SDM (Human Resources), Urusan Umum (General Affairs), Keuangan, dan Keselamatan Kerja (HSE). Misalnya, tim SDM dapat melihat lokasi dan jam operasional pengemudi untuk memverifikasi klaim lembur; tim GA dapat mengatur jadwal servis kendaraan secara otomatis; tim Keuangan dapat melihat detail pengisian bahan bakar untuk memverifikasi klaim reimbursement, dan tim HSE dapat menyusun materi pelatihan pengemudi dengan mempertimbangkan Laporan Kartu Skor Pengemudi.

5. Biaya Lebih Efisien

Anda mungkin akan mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan program terpisah, termasuk untuk peningkatan dan pemeliharaan masing-masing program, juga penyimpanan dokumen. Dengan platform manajemen armada terintegrasi, Anda akan mengurangi biaya-biaya IT secara signifikan. Terlebih lagi, satu platform manajemen armada terintegrasi dapat digunakan lintas departemen, yang tentunya dapat menghemat anggaran belanja masing-masing departemen.

 

Tidak diragukan lagi, platform manajemen armada terintegrasi merupakan solusi untuk meningkatkan efisiensi operasi bisnis Anda. Dengan beragam fungsi yang disediakan serta sistem yang tangguh dan user-friendly, platform Cartrack merupakan solusi terbaik untuk manajemen armada Anda. Ingin mulai menggunakan platform manajemen armada terintegrasi dari Cartrack? Hubungi kami di sini.

Secondary Navigation: 
Facebook

Timur Tengah

Amerika