5 Fungsi GPS Tracker untuk Bisnis Logistik
November 12, 2019
6 Peran Wholesaler, Penghubung Produsen dengan Pengecer
November 22, 2019

4 Alasan Pentingnya GPS Tracker untuk Perusahaan Konstruksi

GPS tracker penting dalam pekerjaan konstruksi

GPS Tracker sangat berguna dalam pekerjaan konstruksi, terlebih proyek skala besar, di mana terdapat banyak kendaraan dan peralatan yang perlu dipantau.

Selain untuk kendaraan pribadi dan truk logistik, GPS Tracker juga dapat digunakan untuk peralatan dan aset konstruksi. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan adanya perangkat ini, terlebih dalam proyek konstruksi skala besar, di mana terdapat banyak kendaraan dan peralatan yang perlu dipantau. Berikut ini 4 alasan pentingnya menggunakan GPS Tracker bagi perusahaan konstruksi.

1. Melindungi aset dan bahan bakar dari pencurian

Fitur utama dari GPS Tracker tentunya adalah untuk memantau lokasi aset Anda di mana pun dan kapan pun, baik dari komputer maupun ponsel. Dengan tambahan fitur Identitas Pengemudi dan Pemati Mesin dari Jarak Jauh, Anda dapat meningkatkan keamanan aset. Tak hanya itu, perusahaan GPS Tracker seperti Cartrack biasanya juga memiliki fitur tambahan sensor bahan bakar. Sensor ini memantau konsumsi dan pengisian BBM untuk menghindari upaya-upaya pencurian dan kecurangan.

2. Mendeteksi keluar-masuk kendaraan di lokasi konstruksi

Fitur geofence dalam GPS Tracker memungkinkan Anda menandai suatu area yang diperlukan untuk pelacakan―dalam hal ini lokasi konstruksi Anda. Anda bisa mengetahui jam keluar-masuknya kendaraan Anda dari dan ke area konstruksi; durasi kendaraan idle, berjalan, dan stop; serta jarak tempuh dan kecepatan maksimum kendaraan di dalam geofence. Jika Anda ingin mendapat peringatan secara real-time saat kendaraan atau peralatan berat Anda dibawa ke luar area konstruksi, Anda pun bisa mengaturnya. Notifikasi dapat dikirim melalui sms ataupun e-mail.

3. Melacak penyalahgunaan peralatan di luar pekerjaan

Adanya perangkat untuk memantau penyalaan dan pematian mesin memungkinkan Anda untuk melacak penggunaan peralatan konstruksi Anda. Selain itu, ada pula pemantauan durasi kerja peralatan konstruksi dengan Power Take-Off (PTO) Monitoring. Perangkat tersebut dipasang pada peranti mekanik peralatan konstruksi seperti kait penarik, tuas hidrolik, dan derek. Dipadukan dengan fitur geofence, kedua perangkat tersebut mampu melacak penggunaan peralatan di luar area dan jam operasional, serta untuk apa dan berapa lama peralatan tersebut digunakan.

4. Mencegah kerusakan peralatan konstruksi

Perangkat GPS yang dipasang pada mesin serta peranti mekanik dapat mencatat odometer serta durasi penggunaan, istirahat, dan idle peralatan konstruksi. Hal ini akan memudahkan Anda dalam pengecekan dan pemeliharaan aset. Anda pun dapat mengatur jadwal servis dan notifikasinya dari aplikasi yang dikeluarkan perusahaan GPS tersebut. Selain itu, Anda bisa menerima peringatan saat perilaku pengendara dianggap berisiko, misalnya melewati batas kecepatan. Fitur-fitur tersebut dapat menjadi upaya pencegahan terhadap kerusakan mesin akibat penggunaan berlebihan dan perilaku berkendara yang berisiko.

Seperti yang sudah Anda baca di atas, bantuan teknologi GPS membuat pengelolaan aset konstruksi menjadi lebih efisien dan efektif. Anda pengusaha konstruksi dan ingin mengetahui manfaat GPS Tracker lebih lanjut? Dapatkan DEMO GRATIS pelacak GPS peralatan konstruksi dari Cartrack!