10 Alasan Manajer Operasional Armada Perlu Cartrack
December 20, 2019
Optimalkan Penugasan Armada dengan Communicator Cartrack
January 6, 2020

Peranan Penting Geofence dalam Manajemen Armada Kendaraan

Geofence dapat memberi tahu Anda ketika kendaraan Anda masuk ke kawasan tertentu dan pergi.

Manajemen armada modern menawarkan beragam fungsi yang memampukan Anda mengontrol armada Anda dengan lebih baik. Salah satu fitur teknologi dalam manajemen armada modern ini adalah geofence, yang berfungsi membuat perimeter virtual untuk area geografis sebenarnya. Perimeter ini dapat menandai batas area kerja kendaraan armada Anda, memastikan Anda mengetahui dengan akurat aktivitas pengemudi Anda.

Manfaat Geofence

1. Mencegah pencurian kendaraan

Anda akan mendapat pemberitahuan otomatis ketika kendaraan armada meninggalkan area geofence yang Anda tentukan. Dengan demikian, Anda dapat menyelidiki lebih lanjut apakah hal tersebut merupakan tindak pencurian atau lainnya, sehingga dapat mengambil tindakan tepat secara cepat.

2. Menjaga pekerjaan tetap pada jalur

Geofence dapat memberi tahu Anda ketika kendaraan Anda masuk ke kawasan tertentu dan pergi. Hal ini dapat menjadi sarana untuk memastikan akuntabilitas pengemudi Anda dan memastikan pekerjaan pengemudi Anda sesuai dengan jadwal.

3. Meningkatkan efisiensi dan kinerja bisnis

Data dari geofence memperkaya informasi Anda tentang kinerja armada, terlebih bila Anda memadukannya dengan informasi lain yang Anda dapat dari perangkat berbasis GPS. Dengan perpaduan data, Anda dapat mengetahui misalnya, waktu operasional kendaraan dan perilaku berkendara di dalam suatu geofence. Informasi ini dapat Anda gunakan untuk upaya perbaikan kinerja dan peningkatan bisnis.

Cara Kerja Geofence

Geofence dapat berupa batasan area yang ditentukan secara bebas maupun radius dari suatu titik lokasi. Fitur geofence menggunakan Global Positioning System (GPS), wi-fi, Radio-Frequency Identification (RFID), atau data seluler untuk memicu tindakan yang telah diprogram ketika perangkat seluler atau RFID tag masuk dan keluar batas virtual.

Penggunaan Geofence

Untuk menggunakan fitur geofence, Anda harus terlebih dahulu menetapkan batas virtual lokasi dalam GPS atau software yang mendukung RFID. Penetapan batas virtual ini sesederhana menggambar lingkaran di sekitar titik lokasi di Google Maps atau menghubungkan titik-titik batas membentuk sebuah area. Setelah itu, geofence virtual akan memicu respons setiap kali perangkat yang telah diprogram masuk atau keluar dari area tersebut.

Dengan format berbeda, yakni melalui pemanfaatan GPS tracker, Cartrack memungkinkan Anda untuk mengimplementasikan geofence kelas dunia bagi armada Anda. Dapatkan DEMO GRATIS sekarang untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana solusi manajemen armada Cartrack dapat meningkatkan bisnis Anda!