3 Kesalahan dalam Operasional Logistik yang Bikin Boros BBM

10 Feb 2020

Ada beberapa sisi dalam operasional kendaraan logistik yang seringkali lemah perhatian, seperti rute dan urutan pengantaran, perilaku berkendara, serta jadwal servis. Padahal, hal-hal tersebut dapat meningkatkan konsumsi BBM, yang juga berdampak pada peningkatan biaya operasional. Jika bisnis atau pekerjaan Anda terkait dengan operasional logistik, sebaiknya Anda mencermati hal-hal yang membuat konsumsi BBM boros tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi biaya operasional kendaraan logistik perusahaan.

1. Perencanaan Rute yang Tidak Efisien

Dalam bisnis armada, sangat umum untuk menjangkau beberapa perhentian dalam sekali perjalanan. Namun, perjalanan tanpa perencanaan, rute dan urutan pengantaran bisa menjadi tidak efisien dari segi jarak tempuh, waktu, dan akhirnya justru boros BBM.

2. Lemahnya Pemantauan Perilaku Pengemudi

a. Sopir Sering Menyalakan Mesin Saat Kendaraan Berhenti (Idling)

Aktivitas yang disebut idling ini dapat menjadi sumber pemborosan BBM terbesar. Satu jam idling bisa menghabiskan hingga satu galon BBM. Jika seluruh durasi idling diakumulasi dalam sebulan, hal ini tentunya akan sangat berdampak pada pengeluaran operasional kendaraan.

b. Sopir Terbiasa Berkendara dengan Kecepatan Tinggi

Setiap kendaraan memiliki standar rentang kecepatan untuk penggunaan BBM yang optimal. Umumnya, jarak tempuh BBM berkurang dengan cepat pada kecepatan di atas 50 mph (80,467 kmh). Dalam jarak tempuh yang sama, konsumsi BBM lebih boros 7-14% pada kecepatan di atas 50 mph dibandingkan kecepatan normal.

c. Pencurian dan Kecurangan dalam Klaim BBM

Kurangnya pengawasan dapat meningkatkan risiko pencurian BBM dan kecurangan dalam laporan pengisian BBM. Meski tidak terasa karena sedikit demi sedikit, namun jika dikalkulasikan tentu saja menyebabkan kerugian yang besar.

3. Jadwal Servis Kendaraan Tidak Teratur

Filter tersumbat, ban kempes, hingga suspensi tidak lurus merupakan beberapa masalah kendaraan yang, jika diabaikan, dapat meningkatkan konsumsi BBM. Pastikan mesin dan onderdil kendaraan armada Anda bekerja baik dengan servis dan pemeliharaan yang teratur.

Cartrack GPS Tracker memastikan Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan dalam operasional kendaraan logistik yang memboroskan BBM tersebut. Teknologi canggih Cartrack memberikan solusi perencanaan rute yang efisien, pemantauan idling dan perilaku berkendara, pengingat jadwal, dan pemantauan BBM. Hemat BBM dengan Cartrack GPS Tracker mulai dari sekarang dan dapatkan DEMO GRATIS produk kami!

Secondary Navigation: 

Europe

Timur Tengah

Americas